Saturday, 4 April 2009

Perbedaan persepsi di Kalangan Mahasiswa PAPUA tentang PAPUA Merdeka

User Waktu Tag
Send Email Send Email
Perbedaan persepsi tentang papua merdeka antara kalangan mahasiswa papua di pulau jawa pada khususnya dan di indonesia pada umumnya, membuat jarak untuk mencapai sebuah kemerdekaan semakin jauh.

Perbedaan persepsi ini timbul karena ada beberapa alasan dari kalangan mahasiswa yang bersangkutan. bagi mahasiswa yang berjuang untuk kemerdekaan tanah papua melalui berbagai organisasi-organisasi politik atau dalam bentuk yang lain, mereka berpendapat bahwa sudah saatnya papua melepaskan diri dari Negara Indonesia untuk membentuk sebuah Negara baru.

sebab papua sudah memilki orang-orang pribumi yang dapat membangun negerinya melalui berbagai bidang yang telah ditekuninya, baik itu dari bidang ekonomi, politik, social dan budaya. mereka juga sudah tidak tegah melihat masyarakat papua terus-menerus dijajah, dibodoh-bodohi, serta disampingkan atau disisikan atas tanah mereka sendiri.

Kemudian bagi mahasiswa yang acuh tak acuh dengan kemerdekaan tanah papua juga mempunyai alasan yang sangat bertolak belakang dengan pendapat dari mahasiswa yang diatas.

Alasan kuat yang membuat mereka seperti itu adalah masyarakat papua dari segi ekonomi, pendidikan dan dari segi politik belum maju dan belum bisah untuk mengatur diri sendiri. Harus belajar dulu sampai pintar baru bisah menuntut kemerdekaan agar kita bisah membangun tanah papua dengan baik dan siap menghadapi dunia modern.

dari kedua pandangan mahasiswa papua diatas, tidak ada yang salah sebab masing-masing persepsi mempunyai alasan yang tepat.sekarang kembali kepada diri kita sendiri, untuk memilih persepsi yang menurut kamu benar.

Namun dengan melihat kondisi tanah papua pada saat ini sangat memperihatinkan dan mengesankan menuntut kita sebagai mahasiswa papua untuk melepaskan diri.

sebab bangsa Indonesia telah menjajah kita secara halus kurang lebih 48 tahun dengan berbagai bentuk penjajahan, seperti pembunuhan, pemerkosaan, pembodohan, merampas hak hulayat tanah dan masih banyak contah lain. Kalau sudah seperti itu, apakah kita sebagai mahasiswa menjadi penonton diatas tanah kita.

Sampai saat ini sebagian besar mahasiswa papua belum memahami betul tentang latar belakang keadaan tanah papua yang sebenarnya, sebab kedua pendapat ini bener-bener terjadi dikalangan mahasiswa papua yang kuliah di pulau jawa.

Ada beberapa contoh yang bisah kita lihat bahwa pernyataan diatas ini nyata. Yang pertama, setiap kali demo banyak mahasiswa yang santé di kos sambil dengar-dengar music, tidur-tiduran dan ada juga yang jalan-jalan di tempat hiburan.

Sedangkan teman-teman yang lain lagi bersusahpaya demo dengan mengorbankan segala-galanya. Waktu mereka, tenaga mereka, pikiran serta bentuk barang yang mereka milikipun dikorbankan.

Padahal, ada mahasiswa yang pada saat itu sebenarnya harus kuliah, dia korban waktu tersebut untuk mengambil bagian dalam demo, kemudian ada juga yang pilek tetapi mereka mau bersuara untuk tanah papua tanpa memperdulikan kesakitannya dan masih banyak contah lain.

Kalau keadaan mahasiswa papua sudah seperti ini, tidak ada persatuan yang erat, kominakasi yang tidak jelas satu sama yang lain serta semuanya berjalan menurut pendapat dan pikirannya masing-masing jangan pernah bermimpi untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Perlu kita sama-sama ketahui bahwa, mahasiswa adalah agen perubah yang dapat merubah segala sesuatu yang tidak jelas menjadi jelas. Kemudian mahasiswa pula yang dapat berbicara di depan public untuk menyampaikan keluahan-keluhan serta menuntut hak-hak untuk kesejahteraan mahasiswa itu sendiri pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Oleh sebab itu, bagi mahasiswa papau yang merasa selama ini tidak pernah terlibat dalam aksi mari bangkit dan bergabunglah sebab masyarakat papua membutuhkan engkau untuk merubah nasib mereka yang sampai saat ini masih belum jelas.

Ketahuilah bahwa kamu yang sudah berstatus sebagai mahasiswa, sadar atau tidak sadar kamu mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membelah tanah papua dan sekarang kamu dituntut untuk mempertanggung jawab tugasmu itu.( AMOYE YOGI)
Rekomendasi Untuk Anda × +