Thursday, 18 June 2009

CINTAILAH KULIT DAN RAMBUTMU ITU

User Waktu Tag
Send Email Send Email
Apakah kulit saya yang berwarna hitam dan rambut saya yang keriting ini bisah bertahan lama?, pertanyaan inilah yang selalu timbul dalam benak saya ketika melihat teman-teman saya yang marganya berasal dari papua tetapi warna kulit dan rambutnya tidak sesuai dengan marga itu.

Manusia pejuang sejati adalah orang yang memperjuangkan negaranya dengan berasaskan budaya. Yang didalamnya mengandung budaya warna kulit, rambut, adat-istiadat, bahasa, dan wilayah atau tanah yang ditempati.

Namun, kalau kita mau cermati sekarang dan melihat kebelakang pengalaman-pengalaman yang ada, banyak masyarakat papua yang telah buta akan budayanya. Mereka tidak mengenal semua budaya yang telah melahirkan dan membesarkan mereka.

Banyak orang papua yang memperjuangkan tanah papua dengan berbagai macam bentuk perjuangan diantaranya: lewat buku yang dikarang, puisi, lagu, pidato dan masih banyak contoh yang lainnya.

Apa yang mereka buat itu sangat bagus sebab secara tidak langsung meraka telah menyuarakan dan memperjaungkan papua lewat keahlihan yang dimiliki tetapi sekarang yang jadi persoalan adalah mereka–mereka itulah yang menghancurkan tanah papua, mengapa saya bisah bilang seperti itu? Sebab, ketika mereka popular dengan keahlihannya itu banyak sekali keuntungan atau keberhasilan yang akan diraih seperti uang, profesi dan perempuan kulit putih,.

Dari ketiga keberhasilan diatas, yang paling menonjol dan memiliki dampak negative paling besar untuk masyarakat papua adalah perempuan pendatang. Mungkin mereka bangga karena bisah menikah dengan perempuan dari luar daerah dan merasa paling hebat dari semua masyarakat papua karena dapat perempuan kulit putih berrambut lurus. Apa sih kelebihan yang ada pada perempuan itu sampai-sampai mereka nekad untuk menikah dengannya. Padahal perempuan itulah yang membawa malapetaka terbesar dalam keluarga dan dalam budaya orang papua. Mengapa demikian? sebab anak yang mereka dapat otomatis warna kulit dan rambutnya akan berubah total tidak sesuai dengan ayahnya lagi. Ayahnya berrambut keriting dan warna kulitnya hitam sedangkan anaknya lain.

Apakah ini sebuah adegan lucu atau tidak? Yang jelas ini sebuah adegan yang sangat luculah. Masa anaknya bisah bedah dari orang tuanya itu bagaimana…!!!!dan yang lebih parah lagi, anak tersebut sangat berbedah dengan nenek moyang yang melahirkan ayahnya. kalau keadaannya sudah seperti begitu, yang jelas anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mempelajari budaya dari kedua orangtuanya. Dia akan bingung harus memilih yang mana, budaya dari ibunya atau dari ayahnya? kalau dia memilih dan mempelajari kedua-duanya saya pikir hasilnya tidak akan maksimal.

Kita boleh berbicara banyak tentang papua tetapi kita perlu koreksi diri apakah saya ini telah berjuang sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat dan alam papua? Atau apakah saya sudah bertentangan dengan mereka?. Pernyataan diatas ini jarang sekali disadari oleh para pejuang papua yang sudah terkenal dan selalu berbicara banyak lewat media. Mereka pikir merekalah yang paling benar dan paling oke sebab nama mereka sudah popular dikalangan masyarakat.

Hal kecil (kawin dengan pendatang) saja disepelahkan itu bagaimana? padahal hal kecil itu yang mengandung dampak negative paling besar. Itulah ciri orang yang tidak mengerti dan tidak paham akan budaya. Mereka selalu berbicara hal-hal yang besar sedangkan dalam hal-hal kecil saja belum beres. Apakah mereka ini pantas disebut pejuang atau penghianat?.

Sadar atau tidak sadar mereka yang kawin dengan pendatang bukan disebut manusia pejuang sejati walaupun mereka sering mengangkat harkat dan martabat masyaraka papua melalui talentanya. Mereka ini bisah disebut kaki tangan Indonesia yang mau menghilangkan ras papua dan telah menjual jati diri mereka sendiri sebagai orang papua.

Sayang sekali jati diri orang papua yang selama ini dipelihara dan dijunjung tinggi baik oleh para leluhur dijual cuma-cuma kepada perempuan yang berkulit putih dan berrambut lurus.

Seorang perempua yang datang dari latarbelakang yang berbedah dengan kita, seharusnya dipertimbangkan sebelum kita terima dia sebagai keluarga. Sebab kita tidak tahu apa maksud dari kedatangannya itu?.
Ada beberapa contoh yang bisah kita lihat, (1) Simson yang pada saat itu memimpin bangsa Israel dengan kekuatannya yang ajaib semua bangsa yang ada disekelilinginya tidak dapat mengalahkan simson, namun dengan rahuan wanita dari bangsa filistin simson dapat ditaklukkan dengan mudah. Akibat dari itu samapi sekarang jalur gaza yang pada saat itu dikuasai simson masih diperebutkan. (2) irlandia selatan sampai sekarang belum merdeka karena para pemimpinnya yang gagah berani kawin dengan wanita-wanita inggris. Setiap kali menang perang melawan inggris, wanita-wanitanya dibawah untuk dijadikan istri akibatnya setelah mengetahui titik-titik kelemahan dari para pejuang tersebut dengan mudah inggris menaklukkan mereka. Sampai sekarang mereka juga masih memperjuangkan kemerdekaan sama seperti kita sekarang.

Itu adalah beberapa contoh nyata yang telah terjadi dimasa yang lampau. Namun lewat contoh tersebut kita dituntut untuk berpikir bagaimana cara mencegah hal-hal seperti itu agar tidak boleh terjadi pada diri kita (PAPUA,red) sebab akibatnya akan fatal.

Oleh sebab itu marilah kita jadikan contoh-contoh diatas dan pengalaman-pengalaman yang ada sebagai sebuah jembatan untuk melewati segala macam cobaan dan godaan.

Percaya atau tidak kalau kita membiarkan hal ini terus menerus terjadi dalam kehidupan kita lambat laun ras papua yang identik dengan kulit hitam dan rambut keriting akan hilang secara perlahan.

Berpikir dulu baru bertindak ya.... para pejuang papua yang sejati?????????(AMOYE YOGI)
Rekomendasi Untuk Anda × +