Monday, 22 June 2009

POHON YANG SOMBONG, Oleh Mianus Yarinap

User Waktu Tag
Send Email Send Email
Suatu saat ada sebuah pohon mengadakan rapat tertutup ,dengan pokok pembahasan tentang siapa yang paling terpenting dari sebuah pohon , dalam rapat ini dihadiri oleh si daun,si batang ,dan si akar ,serta ulat yang jadi moderator. Akhirnya rapat di mulai ,dan semua bagian pohon masing-masing meggeluarkan pendapatnya:

Kata daun; aku lebih utama ,karena aku terletak paling tinggi pada pohon ,sehingga pada saat ada musuh, aku yang duluan lihat,juga saat sinar matahari bersinar saya yang duluan menerimanya,dan juga saya yang selalu memasak buat sebuah pohon.!!!!


Kata batang; aku lebih penting ,karena ada aku kamu bisa berdiri tinggi , juga menahan pohon saat badai dan hujan besar sehinnga tak dapat tumbang ,dan lewat saya bahan-bahan makanan di antar ke seluruh bagian pohon ,dan adaka burung-burung besar yang mau bertengger pada kalian ,mungkin hanya serangga yang mau.!!!!
Kata akar; Eh…siapa shi yang menahan kalian sehingga kalian bisa berdiri ditanah dengan sombong!! aku yang selalu mencari makanan,dan minuman buat kalian ,jika aku memilih makanan yang mengandung racun, kalian pasti mati semua dan tidak bisa jadi pohon yang besar.meskipun aku tidak kelihatan tetapi aku yang paling penting dari sebuah pohon.!!!!

Jadi siapa di antara kalian yang paling terpenting dari pohon ? kata moderator ulat. Semua diam sejenak dan sepertinya mereka sedang berpikir keras. Beberapa saat kemudian, sepertinya mereka sadar semua bahwa mereka saling membutuhkan dan ada kelemahan pada tiap mereka..

Kata daun;
Kita semua penting dari sebuah pohon ,sebab aku bisa ada karena kalian ada .Jika aku kering dan layu pasti akan berguguran di tanah dan di injak -injak orang.!!

Kata batang;
Aku, juga jika ada badai dan hujan besar aku pasti bisa patah ,dan walaupun aku sudah tinggi aku akan di tebang jadi kayu bakar.!!

Kata akar;
Benar juga jika ada longsor aku pun akan tercabut ,dan jika di manusia menebang pohon aku pasti bisa kering.!!

Akhirnya ketiganya beri kesimpulan bahwa mereka tidak ada yang lebih dan pasti ada kekurangan dari mereka .

Dari sebuah perumpamaan ini kita manusia bisa mempelajari bahwa dalam suatu kehidupan di dunia ini tiada yang perlu kita sombongkan dari kita,karena ada pepatah diatas langit pasti ada langit,dan hidup manusia di umpamakan seperti sebuah ban roda yang berputar ,ada waktunya diatas dan ada saatnya juga di bawah.

demikian juga dalam sebuah perjuangan jangan sekali-kali berkata bahwa saya yang paling penting dalam perjuangan ini atau dalam pekerjaan ini, sebab kata itu yang dapat menghancurkan segala-galanya dan tidak akan mencapai sebuah tujuan yang ingin kita raih untuk kesejatraan bersama. oleh sebab itu, kita dituntut untuk dapat bekerja sama dengan kemampuan yang ada dan tidak memonopoli serta menganggap remeh orang lain.

perlu kita sama-sama ingat bahwa Kerja sama dan kompak itu sangat penting sebab kita merupakan makhluk hidup social ,yang tak bisa hidup sendirian.
Rekomendasi Untuk Anda × +