Saturday, 26 September 2009

Teman-teman IPMAPANADO Membentuk Satu Organ Induk

User Waktu Tag
Send Email Send Email
Pada hari senin, 21/09, sekitar pukul 09.00 WIB, di Asrama Realino Sanata Dharma (SADHAR) teman-teman dari ikatan Paniai, Dogiyai, Nabire dan Intan Jaya mengadakan rapat sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati oleh seluruh anggota IPMAPANADO pada saat makrab (19/09) yaitu untuk membentuk sebuah wadah atau organ induk yang nantinya dapat berfungsi untuk memayomi atau menghendel beberapa ikatan yang belakangan ini telah terbentuk.

Rapat tersebut dibuka dan dipimpin oleh tarianus iyowau dan amoye yogi yang telah dipercayaka tema-teman ipmapanado pada saat makrab. Setelah memasuki agenda pertama yaitu tentang pemberian nama organ induk itu. Melalui banyak pertimbangan, perdepatan dan kesepakatan selama kurang lebih 3 jam, seluruh anggota yang hadir dalam rapat itu sepakat untuk menamai wadah atau organ induk dengan sebutan "WISELMEREN RAYA".

Menurut pandangan seluruh anggota nama tersebut sangat cocok untuk dipakai dalam organ induk, karena wiselmeren merupakan arti atau sebutan lain untuk daerah yang ditempati atau didiami oleh suku mee dan migani pada umumnya seperti dogiyai, paniai, intan jaya dan lain-lainnya.

Selain itu, mengapa mereka menggunakan kata Wiselmeren?, karena wiselmeren merupakan kata umum yang tidak memihak pada satu oknum (daerah) tertentu. Dan juga, untuk mengantisipasi akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti timbulnya rasa kecemburuan social dan lain-lainnya antara ikatan yang ada dalam satu organ itu.

Setelah pemberian nama selesai Kemudian dilanjutkan dengan agenda berikut yaitu penetapan program kerja tahunan (kegiatan rutinitas) yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh organ tersebut tiap tahun, diantaranya seperti Makrab, Paskah dan Natal korwil DIY atau sejawa-bali. selain program kerja tahunan, ada juga ide-ide berupa program idensital seperti turnamen bola mini (futsal), bola volley, bola kaki dan lain-lain yang akan disesuiakan dengan berjalannya waktu.

Berdasarkan atau berangkat dari pengalaman yang ada sebelumnya, semua anggota tidak sepakat untuk membentuk struktur organisasi yang sah dan jelas seperti organisasi-organisasi lain yang pada umumnya memiliki ad/art dan segalanya. Tetapi yang dibentuk hanyalah SEKBER (sekertaris bersama), perwakilan dari setiap ikatan yang ada. Jadi organisasi ini bersifat situasional yang mana akan bergerak pada saat ada kegiatan bersama dari ketiga ikatan tersebut.

Dari ketiga perwakilan sekber, Melkias Pigay dipercayakan menjadi sekertaris dari perwakilan ikatan Dogiyai, Sony Dogopia dari kabupaten Nabire dan Bertha Dogomono dari kabupaten Paniai. Mereka yang menjadi sekber bukan ditunjuk atau dipilih melalui perhitungan voting suara tetapi berdasarkan kemauan diri sendiri (tunjuk jari) .

Sengaja hal seperti ini dilakukan supaya mereka (mahasisiwa baru) yang dipercayakan dapat bekerja serius dengan memiliki rasa tanggung jawab yang ada serta bagaimana cara berorganisasi yang baik.

Agar organ induk tersebut dapat berjalan dan berfungsi sesuai dengan jalur yang ada, seluruh anggota rapat membuat atura-aturan atau tata tertib yang dapat mengarahkan kearah mana organisasi itu bekerja. Sesuai dengan kesepakatan bersama Kurang lebih ada 8 aturan yang sudah dibuat.

harapan dari seluruh anggota maupun pengurus BPH dari ketiga ikatan, Dengan terbentuknya ikatan induk wiselmeren raya, semua yang dulunya berjalan sendiri-sendiri dibawah kridor atau naungan masing-masing ikatan dapat bersatu kembali.

Dalam kesempatan itu, ketua ikatan pelajar dan mahasiswa kabupaten nabire (ipmanab), jhon iyai mengatakan bahwa sangat senang dengan terbentuknya wiselmeren raya, karena menurut dia organ induk ini dengan sendirinya akan menjawab dan menyelesaikan berbagai macam persoalan serta permasalahan intern yang sering dan selalu terjadi dikalangan mahasiswa Jogyakarta.

Ini adalah sebuah kerinduan yang sudah lama saya nantikan dan sekarang sudah terjawab, mengapa? karena kadang kalau sendirian sering terpikir kapan akan ada sebuah organ induk yang bisah mempersatukan kita seperti dulu yang dialami oleh kakak-kakak senioritas sebelum terjadi pemekaran-pemekaran, ungkapnya disela-sela serba-serbi dalam rapat itu.

Kemudian dia berharap kepada semua anggota, terutama kepada mahasiswa baru agar tetap bersatu dan selalu aktif dalam melaksanakan atau melakukan berbagai kegiatan tanpa membedah-bedahkan antara satu kegiatan dengan kegiataan yang lainnya.

Selain jhon iyai, ketua ipmado Yanuarius Goo juga berharap demikian. Kebersamaan, kekompakan dan kasatuanlah yang akan menjawab semua keluh kesa serta hambatan-hambatan yang telah, sudah dan mulai tumbuh subur diantara kita, terangnya dengan tegas dan lugas.

Mengingat banyaknya kegiatan kedepan yang harus dikotrol langsung oleh wiselmeren raya seperti membentuk panitia dan lain sebagainya supaya kegiatan-kegiatan tersebut dapat sukses dan terlaksana dengan baik, amoye yogi selaku pimpinan rapat mengatakan dalam waktu yang dekat akan melantik para sekber terpilih.(AMO)
Rekomendasi Untuk Anda × +