Saturday, 25 August 2012

UP4B Berhasil Menjaring 747 Calon Mahasiswa Asli Papua Untuk Kuliah

User Waktu Tag
Send Email Send Email
Sebelumnya tepat pada tanggal 15 Agustus  2012 telah dilakukan seleksi atau penyaringan tahap 1 kepada 747 putra-putri dari Bumi Papua di dua Propinsi yakni Papua dan Papua Barat. Melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh panitia seleksi, rupanya semua calon mahasiswa yang mengikuti seleksi dinyatakan lolos.

Selanjutnya, sebanyak 747 putera-puteri asli Papua dan Papua Barat yang telah berhasil lolos seleksi Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Dikti), 30 s.d 31 Agustus mendatang akan mengikuti Pembekalan dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Rektor Unhas Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi selaku Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dalam surat tertanggal 23 Agustus 2012 menyebut hasil keputusan rapat pelaksanaan Tim Pengelola Program menetapkan Pembekalan dan TPA akan dilakukan serentak di dua Provinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk penyelengaraan di wilayah Papua Barat akan dipusatkan di Kota Manokwari atas kerja sama Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat, Universitas Negeri Papua (Unipa) dan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B).

Sedang penyelengaraan di wilayah Papua akan dipusatkan di Kota Jayapura. Dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Papua bekerja sama dengan Universitas Negeri Cenderawasih (Uncen) dan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B).

Menurut Ketua MRPTNI, kegiatan 30 Agustus, pukul 07.00 – 07.45 seluruh calon mahasiswa harus hadir dan melakukan registrasi dan membawa raport dan ijazah negara asli. Pukul 08.00 – 09.30 Tes TPA. Pukul 09.30 -10.00 Penandatanganan Janji Calon Mahasiswa. Jadwal tersebut berlaku sama di Manokwari dan Jayapura.

Demikian juga untuk acara pembekalan di Manokwari dan Jayapura akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 s.d 16.00, diawali dengan acara pembukaan dilanjutkan kegiatan ceramah.

Pokok materi pembekalan diantaranya tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Tinggi), Kebutuhan SDM bagi Provinsi Papua/ Papua Barat, Pengembangan Karakter Kebangsaan, Perilaku Sosial-Budaya dan  Pengembangan Motivasi Belajar, kata Ketua MRPTNI  yang juga Rektor Unhas.

Menurut catatan Media Center UP4B, sebanyak 747 yang lolos seleksi akan mengikuti kuliah pilihan di 31 universitas negeri diseluruh Indonesia (di luar Papua dan Papua Barat). Dengan mendapat bea siswa dari Dirjen Dikti. Program  afirmasi pendidikan ini atas kerja sama Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, MRPTNI, UP4B, Uncen, Unipa dan Pemerintah Provinsi Papua dan Paua Barat.

Mereka telah memilih program pendidikan dan universitas negeri yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan minat masing-masing, dengan 40 program pendidikan pilihan, diantara di Fakultas Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Arsitektur Lanskap, Teknik Mesin, Teknik Elektro,  Teknik Informatika,  Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Lingkungan, Akutansi, Agrobisnis, Agroteknologi, Statistika, Peternakan, Perikanan Kelautan, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Hutan, Manajemen Sumber Daya Perairan, Biologi, Ekonomi, Proteksi Tanaman, Sastra Indonesia, dan banyak pilihan lainnya. (Sudadi – Media Center UP4B).

silakan download file-file berikut ini:
1. Surat UP4B Tentang Program Affirmasi OAP di PTN Tahap I
2. Daftar Calon Mahasiswa OAP Lolos Seleks Tahap I Program Affirmasi Dikti 2012

Sumber: (klik ini)

Rekomendasi Untuk Anda × +